Langsung ke konten utama

Belajar Menulis (lagi)

Awalnya dari tahun 2002 atau 2003 .. gue dah kenal sama blogger. Dari yg templet polosan, sampe belajar ngutak ngatik css ... (yg akhirnya kecanduan ngutak ngatik html, css n php). Isi blog gue cuma sekitar kegiatan perjalanan ... terutama perjalanan turing gw sama anak HORNET. Plus kegiatan kegiatan-kegiatan gereja .... Isinya ya just rambling aja .... gak ada aturan.

Tahun 2009 (kalo ga salah), gw ikut pelatihan menulis sama anak pemuda GKI Klasis Jakarta 2 di daerah cempaka putih. 3 hari 2 malam ... dibimbing oleh seorang penulis kondang kompas, (alm) bang Mula Harahap dan beberapa penulis kondang lainnya. Di sana gw belajar banyak soal menulis.

Beberapa hal yang gue inget antara lain:

  • selalu ingat pembacanya siapa
  • tulisan harus dengan fakta (kecuali fiksi)
  • jangan sampai menyinggung, dan 
  • tidak SARA.
Setelah pelatihan ... wah semangat 45 ... tapi akhirnya malah sama sekali gak posting apa apa (doh), karena terlalu mikir cara nulisnya. Jiah .....

Setelah kesandung #MaretMenulis, gue memaksa diri untuk nulis ... walau tetep blon tau apa yang mo ditulis ... akhirnya ketemu blog lama gue ... salah satunya kutipan dari seorang psikolog ... apa aja yang bisa jadi bahan tulisan ....

  • Something that you are thinking or worrying about too much
  • Something that you are dreaming about
  • Something that you feel is affecting your life in an unhealthy way
  • Something that you have been avoiding for days, weeks, or years
so there ... selamat menulis .... ^_^


Komentar

Postingan populer dari blog ini

"masukan" atau "masukkan"

Halah ... hari ini ada kehebohan di tempat saya bekerja. Gara-gara satu kata "masukkan" vs "masukkan" ... Sebelumnya, saya ditegur karena salah menggunakan kata pada kalimat "Mohon masukkannya ..." katanya, saya harus pakai kata "masukan" (tidak dobel k) ... sorenya, text saya ditegur lagi, bahwa ada kalimat saya yang salah ... kali ini, saya diminta menggunakan kalimat "masukkan" dengan double "k" .. JADI?? mana yang benar? Akhirnya, saya lihat di kbbi: me·ma·suk·kan v 1 membawa (menyuruh, membiarkan, dsb) masuk: sopir sudah - mobil ke dl garasi; ia - orang yg belum dikenalnya; 2 mendaftarkan: ia telah - nama temannya sbg peserta darmawisata; 3 menyampaikan: karyawan pabrik itu - surat permohonan cuti kpd atasannya; 4 menempatkan; mencantumkan: ketua panitia setuju - peragaan busana daerah dl acara itu; 5 menaruh uang dl perusahaan dsb; menanam modal: ia berminat - modalnya dl perusahaan itu;  dobel "k" diguna...

operasi pembagian

Tau hasil dari 518 : 7? Umumnya, guru-guru akan mengajarkan seperti ini: Namun, apakah artinya? kenapa harus 49? kenapa harus diletakkan di depan dan membiarkan angka di belakangnya itu kosong? Haruskah seperti itu? Padahal, belum tentu semua bisa hafal perkalian 7. ( saya saja masih kesulitan ). Sebenarnya, prinsip yang diterapkan adalah seperti ini: Perkalian itu adalah penjumlahan yang berulang Cth: 5 x 7 = 7 + 7 + 7 + 7 + 7 Pembagian adalah pengurangan yang berulang. Cth: 21 : 7 = 7 - 7 - 7 Sehingga ... 518 dibagi 7 adalah cari kelipatan 7 yang dapat menghabiskan angka 518 . Jadi .. sebenarnya, kelipatan yang dipakai, boleh berapa saja ... asal kelipatan 7. Lakukanlah, hingga 518 itu habis dikurangi. Seperti di bawah ini: Keterangan: Dari angka 518, saya memilih 490, yang adalah kelipatan 7, (70 x 7) yang saya ingat dan cukup dekat dengan 518. Dari 518 dikurangi 490 masih menyisakan 28. Lalu 28, kelipatan terdekatnya adalah (4 x 7). Sehingga 518 : 7 = 70 + ...

Pemetaan Kurikulum 2013 vs Cambridge

Kamis, 16 Juni 2016, kami ikutan undangan dari kemendikbud untuk membahasa pemetaan kurikulum 2013 VS Kurikulum Cambridge. ( materi power point bisa download di litbang.kemendikbud.go.id di Materi General Lecture ... ini direct linknya . ) Dari pembahasan ini ... latar belakang yang saya tangkap itu .. banyaknya sekolah yang sudah mulai menggunakan kurikulum cambridge. Permasalahannya ... Apakah ketika mempersiapkan siswa ke UN, guru harus mengajarkan kurikulum 2013 juga? .. bakalan kehabisan waktu kan klo gitu ... Materi diawali dengan penjelasan siapa dan apa itu kurikulum cambridge ... kurikulum yang digunakan untuk mempersiapkan siswa ke jenjang yang lebih tinggi di univ di dunia. ( tentang Cambridge ) Kemudian bicara pemetaan ... dia ga bahas satu-satu .. hanya global ... karena banyak ... Contohnya ... SMA peminatan biologi kurikulum 2013 itu 80% tercakup di Biologi level A Cambrige, dsb Overall ya mirip2 lah ... bedanya, kurikulum 2013 lebih luas, Cambridge lebih dalam...