Langsung ke konten utama

Pemetaan Kurikulum 2013 vs Cambridge

Kamis, 16 Juni 2016, kami ikutan undangan dari kemendikbud untuk membahasa pemetaan kurikulum 2013 VS Kurikulum Cambridge.
(materi power point bisa download di litbang.kemendikbud.go.id di Materi General Lecture ... ini direct linknya.)

Dari pembahasan ini ... latar belakang yang saya tangkap itu .. banyaknya sekolah yang sudah mulai menggunakan kurikulum cambridge. Permasalahannya ... Apakah ketika mempersiapkan siswa ke UN, guru harus mengajarkan kurikulum 2013 juga? .. bakalan kehabisan waktu kan klo gitu ...

Materi diawali dengan penjelasan siapa dan apa itu kurikulum cambridge ... kurikulum yang digunakan untuk mempersiapkan siswa ke jenjang yang lebih tinggi di univ di dunia.
(tentang Cambridge)

Kemudian bicara pemetaan ... dia ga bahas satu-satu .. hanya global ... karena banyak ... Contohnya ... SMA peminatan biologi kurikulum 2013 itu 80% tercakup di Biologi level A Cambrige, dsb Overall ya mirip2 lah ... bedanya, kurikulum 2013 lebih luas, Cambridge lebih dalam ... materinya tidak banyak .. tapi lebih dalam ...

Soal mengenai UN, karena secara pemetaan, bisa dilihat berapa persennya .. jadi ya tinggal cari bedanya aja ... karena sebagian besar ya sama aja kok ...

Ada pertanyaan mengenai UN yang multipel choice ... kalo di Cambridge kan pertanyaannya banyak yang menggunakan essay untuk menilai pemahaman siswa, UN kan beda banget ... Trus dijawab ... UN itu salah satu penilaian .. bukan penentu kelulusan (CMIIW) ... DAN ... tidak adanya orang yang bisa memberikan penilaian ke sekian puluh ribu siswa bersamaan ... IMHO ... ya .. kalau penilaiannya masih manual gini  sih .. bakalan banyak banget human error nya ....

Ada satu pertanyaan yang menarik di akhir diskusi ...
Gimana kalau yang home school, tapi pakai kurikulum Cambridge .. kalau di Indonesia, ada kejar paket A, B, C .. untuk sertivikasinya ... Nah untuk mendapatkan sertivikasi Cambridge bisa ke sekolah yang menyediakan tes untuk privat candidates (Daftar sekolah Cambridge) ...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"masukan" atau "masukkan"

Halah ... hari ini ada kehebohan di tempat saya bekerja. Gara-gara satu kata "masukkan" vs "masukkan" ... Sebelumnya, saya ditegur karena salah menggunakan kata pada kalimat "Mohon masukkannya ..." katanya, saya harus pakai kata "masukan" (tidak dobel k) ... sorenya, text saya ditegur lagi, bahwa ada kalimat saya yang salah ... kali ini, saya diminta menggunakan kalimat "masukkan" dengan double "k" .. JADI?? mana yang benar? Akhirnya, saya lihat di kbbi: me·ma·suk·kan v 1 membawa (menyuruh, membiarkan, dsb) masuk: sopir sudah - mobil ke dl garasi; ia - orang yg belum dikenalnya; 2 mendaftarkan: ia telah - nama temannya sbg peserta darmawisata; 3 menyampaikan: karyawan pabrik itu - surat permohonan cuti kpd atasannya; 4 menempatkan; mencantumkan: ketua panitia setuju - peragaan busana daerah dl acara itu; 5 menaruh uang dl perusahaan dsb; menanam modal: ia berminat - modalnya dl perusahaan itu;  dobel "k" diguna...

Tips Persiapan Membuat Flowchat di Excel

Beberapa step yang har us dipersiapkan sebelum membuat flowchart di excel. Grid Lines: select all cell - column size - "3", untuk membuat gridlines nya mendekati persegi. Snap object: insert 1 gambar, lalu masuk ke picture format - Align, pastikan kamu memilih snap to grid, snap to object Page set-up: Kalau gambar ini untuk di print, sebaiknya menyiapkan kertas untuk printnya. masuk ke page layout - lalu pilih size dan marginsnya. Kalo gue sih pilih margin 0.5, supaya bisa cukup besar. Setelah ini, pasti muncul garis putus-putus sebagai panduan membuat flowchartnya. Set Default Style: Ini hanya supaya ga perlu set theme terus ketika insert picture. Insert shapes, karena kita akan membuat flowchart, maka pilih gambar pada flowchart. klik shape, lalu pada drawing tools, pilih shape style. klik kanan pada style lalu set as default. Buat juga untuk garis, set as default. Aturan gambar bisa liat di sini Nah, mulai membuat flowchart!

Jumlah VS Banyak

Satu hal yang selalu jadi permasalahan di penulisan matematika. Yaitu perbedaan penggunaan jumlah dan banyak. Sementara menurut KBBI adalah sebagai berikut: jum.lah  [n] banyaknya (tt bilangan atau sesuatu yg dikumpulkan menjadi satu): ia menghitung -- uang yg diterimanya dl bulan ini ba.nyak  [a] (1) besar jumlahnya; tidak sedikit: saudagar itu -- uangnya; (2) num jumlah bilangan: berapa orang -- nya?; -- nya lima puluh orang murid; (3) adv cak amat; sangat; lebih-lebih: -- terima kasih Kinda mirip yak? .. well .. saya selalu membedakan penggunaan mereka pada benda-benda yang dapat dihitung atau harus menggunakan operasi dulu baru mendapatkan hasilnya. Contoh yang paling mudah, gunakan dalam kalimat yang berkaitan dengan uang. Cth: Q: Berapa jumlah uangmu? A: Tiga puluh lima ribu rupiah Untuk kata  jumlah , digunakan untuk mengetahui isi suatu kumpulan yang perlu melaui proses dengan operasi hitung. Misal, jumlah pengeluaran bulan ini. Sementara kata...