Langsung ke konten utama

operasi pembagian


Tau hasil dari 518 : 7?
Umumnya, guru-guru akan mengajarkan seperti ini:

Namun, apakah artinya? kenapa harus 49? kenapa harus diletakkan di depan dan membiarkan angka di belakangnya itu kosong? Haruskah seperti itu? Padahal, belum tentu semua bisa hafal perkalian 7. (saya saja masih kesulitan). Sebenarnya, prinsip yang diterapkan adalah seperti ini:
Perkalian itu adalah penjumlahan yang berulang
Cth: 5 x 7 = 7 + 7 + 7 + 7 + 7
Pembagian adalah pengurangan yang berulang.
Cth: 21 : 7 = 7 - 7 - 7

Sehingga ... 518 dibagi 7 adalah cari kelipatan 7 yang dapat menghabiskan angka 518.

Jadi .. sebenarnya, kelipatan yang dipakai, boleh berapa saja ... asal kelipatan 7. Lakukanlah, hingga 518 itu habis dikurangi. Seperti di bawah ini:

Keterangan:
  • Dari angka 518, saya memilih 490, yang adalah kelipatan 7, (70 x 7) yang saya ingat dan cukup dekat dengan 518.
  • Dari 518 dikurangi 490 masih menyisakan 28. Lalu 28, kelipatan terdekatnya adalah (4 x 7).
Sehingga 518 : 7 = 70 + 4 = 74

Atau dengan cara di bawah ini:
Keterangan:
  • Dari kelipatan 7 yang saya ingat adalah
    350 (50 x 7), yang cukup dekat dengan  518, sehingga: 518 - 350 = 168
  • Kelipatan 7 yang cukup dekat dengan 168 adalah 140 (20 x 7), sehingga: 168 - 140 = 28
  • dan kelipatan 7 yang paling dekat dengan 28 adalah 4
Jadi, 518 : 7 = 50 + 20 + 4 = 74

Hasilnya sama kan?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"masukan" atau "masukkan"

Halah ... hari ini ada kehebohan di tempat saya bekerja. Gara-gara satu kata "masukkan" vs "masukkan" ... Sebelumnya, saya ditegur karena salah menggunakan kata pada kalimat "Mohon masukkannya ..." katanya, saya harus pakai kata "masukan" (tidak dobel k) ... sorenya, text saya ditegur lagi, bahwa ada kalimat saya yang salah ... kali ini, saya diminta menggunakan kalimat "masukkan" dengan double "k" .. JADI?? mana yang benar? Akhirnya, saya lihat di kbbi: me·ma·suk·kan v 1 membawa (menyuruh, membiarkan, dsb) masuk: sopir sudah - mobil ke dl garasi; ia - orang yg belum dikenalnya; 2 mendaftarkan: ia telah - nama temannya sbg peserta darmawisata; 3 menyampaikan: karyawan pabrik itu - surat permohonan cuti kpd atasannya; 4 menempatkan; mencantumkan: ketua panitia setuju - peragaan busana daerah dl acara itu; 5 menaruh uang dl perusahaan dsb; menanam modal: ia berminat - modalnya dl perusahaan itu;  dobel "k" diguna...

Tips Persiapan Membuat Flowchat di Excel

Beberapa step yang har us dipersiapkan sebelum membuat flowchart di excel. Grid Lines: select all cell - column size - "3", untuk membuat gridlines nya mendekati persegi. Snap object: insert 1 gambar, lalu masuk ke picture format - Align, pastikan kamu memilih snap to grid, snap to object Page set-up: Kalau gambar ini untuk di print, sebaiknya menyiapkan kertas untuk printnya. masuk ke page layout - lalu pilih size dan marginsnya. Kalo gue sih pilih margin 0.5, supaya bisa cukup besar. Setelah ini, pasti muncul garis putus-putus sebagai panduan membuat flowchartnya. Set Default Style: Ini hanya supaya ga perlu set theme terus ketika insert picture. Insert shapes, karena kita akan membuat flowchart, maka pilih gambar pada flowchart. klik shape, lalu pada drawing tools, pilih shape style. klik kanan pada style lalu set as default. Buat juga untuk garis, set as default. Aturan gambar bisa liat di sini Nah, mulai membuat flowchart!

Jumlah VS Banyak

Satu hal yang selalu jadi permasalahan di penulisan matematika. Yaitu perbedaan penggunaan jumlah dan banyak. Sementara menurut KBBI adalah sebagai berikut: jum.lah  [n] banyaknya (tt bilangan atau sesuatu yg dikumpulkan menjadi satu): ia menghitung -- uang yg diterimanya dl bulan ini ba.nyak  [a] (1) besar jumlahnya; tidak sedikit: saudagar itu -- uangnya; (2) num jumlah bilangan: berapa orang -- nya?; -- nya lima puluh orang murid; (3) adv cak amat; sangat; lebih-lebih: -- terima kasih Kinda mirip yak? .. well .. saya selalu membedakan penggunaan mereka pada benda-benda yang dapat dihitung atau harus menggunakan operasi dulu baru mendapatkan hasilnya. Contoh yang paling mudah, gunakan dalam kalimat yang berkaitan dengan uang. Cth: Q: Berapa jumlah uangmu? A: Tiga puluh lima ribu rupiah Untuk kata  jumlah , digunakan untuk mengetahui isi suatu kumpulan yang perlu melaui proses dengan operasi hitung. Misal, jumlah pengeluaran bulan ini. Sementara kata...