Langsung ke konten utama

Jumlah VS Banyak

Satu hal yang selalu jadi permasalahan di penulisan matematika. Yaitu perbedaan penggunaan jumlah dan banyak. Sementara menurut KBBI adalah sebagai berikut:

jum.lah [n] banyaknya (tt bilangan atau sesuatu yg dikumpulkan menjadi satu): ia menghitung -- uang yg diterimanya dl bulan ini

ba.nyak [a] (1) besar jumlahnya; tidak sedikit: saudagar itu -- uangnya; (2) num jumlah bilangan: berapa orang -- nya?; -- nya lima puluh orang murid; (3) adv cak amat; sangat; lebih-lebih: -- terima kasih

Kinda mirip yak? .. well .. saya selalu membedakan penggunaan mereka pada benda-benda yang dapat dihitung atau harus menggunakan operasi dulu baru mendapatkan hasilnya. Contoh yang paling mudah, gunakan dalam kalimat yang berkaitan dengan uang.

Cth:
Q: Berapa jumlah uangmu?
A: Tiga puluh lima ribu rupiah

Untuk kata jumlah, digunakan untuk mengetahui isi suatu kumpulan yang perlu melaui proses dengan operasi hitung. Misal, jumlah pengeluaran bulan ini.

Sementara kata banyak digunakan untuk mengetahui banyak isi suatu kumpulan yang hanya perlu menghitung .. (satu, dua, tiga, empat ...) seperti menghitung banyak siswa dalam kelas, banyaknya peserta yang hadir, semua dapat dilakukan dengan menghitung.

Cth:
Q: Berapa banyak uangmu?
A: Dua lembar sepuluh ribuan, dua lembar lima ribuan, dan lima keping seribuan.

Buat yang paham tata bahasa Inggris, hal ini sangat mirip sekali dengan penggunaan many vs much pada benda-benda countable dan uncountable ..

Nah, biarlah ini sebagai catatan saja .. mudah-mudahan bermanfaat....

re-written from here.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"masukan" atau "masukkan"

Halah ... hari ini ada kehebohan di tempat saya bekerja. Gara-gara satu kata "masukkan" vs "masukkan" ... Sebelumnya, saya ditegur karena salah menggunakan kata pada kalimat "Mohon masukkannya ..." katanya, saya harus pakai kata "masukan" (tidak dobel k) ... sorenya, text saya ditegur lagi, bahwa ada kalimat saya yang salah ... kali ini, saya diminta menggunakan kalimat "masukkan" dengan double "k" .. JADI?? mana yang benar? Akhirnya, saya lihat di kbbi: me·ma·suk·kan v 1 membawa (menyuruh, membiarkan, dsb) masuk: sopir sudah - mobil ke dl garasi; ia - orang yg belum dikenalnya; 2 mendaftarkan: ia telah - nama temannya sbg peserta darmawisata; 3 menyampaikan: karyawan pabrik itu - surat permohonan cuti kpd atasannya; 4 menempatkan; mencantumkan: ketua panitia setuju - peragaan busana daerah dl acara itu; 5 menaruh uang dl perusahaan dsb; menanam modal: ia berminat - modalnya dl perusahaan itu;  dobel "k" diguna...

operasi pembagian

Tau hasil dari 518 : 7? Umumnya, guru-guru akan mengajarkan seperti ini: Namun, apakah artinya? kenapa harus 49? kenapa harus diletakkan di depan dan membiarkan angka di belakangnya itu kosong? Haruskah seperti itu? Padahal, belum tentu semua bisa hafal perkalian 7. ( saya saja masih kesulitan ). Sebenarnya, prinsip yang diterapkan adalah seperti ini: Perkalian itu adalah penjumlahan yang berulang Cth: 5 x 7 = 7 + 7 + 7 + 7 + 7 Pembagian adalah pengurangan yang berulang. Cth: 21 : 7 = 7 - 7 - 7 Sehingga ... 518 dibagi 7 adalah cari kelipatan 7 yang dapat menghabiskan angka 518 . Jadi .. sebenarnya, kelipatan yang dipakai, boleh berapa saja ... asal kelipatan 7. Lakukanlah, hingga 518 itu habis dikurangi. Seperti di bawah ini: Keterangan: Dari angka 518, saya memilih 490, yang adalah kelipatan 7, (70 x 7) yang saya ingat dan cukup dekat dengan 518. Dari 518 dikurangi 490 masih menyisakan 28. Lalu 28, kelipatan terdekatnya adalah (4 x 7). Sehingga 518 : 7 = 70 + ...

Pemetaan Kurikulum 2013 vs Cambridge

Kamis, 16 Juni 2016, kami ikutan undangan dari kemendikbud untuk membahasa pemetaan kurikulum 2013 VS Kurikulum Cambridge. ( materi power point bisa download di litbang.kemendikbud.go.id di Materi General Lecture ... ini direct linknya . ) Dari pembahasan ini ... latar belakang yang saya tangkap itu .. banyaknya sekolah yang sudah mulai menggunakan kurikulum cambridge. Permasalahannya ... Apakah ketika mempersiapkan siswa ke UN, guru harus mengajarkan kurikulum 2013 juga? .. bakalan kehabisan waktu kan klo gitu ... Materi diawali dengan penjelasan siapa dan apa itu kurikulum cambridge ... kurikulum yang digunakan untuk mempersiapkan siswa ke jenjang yang lebih tinggi di univ di dunia. ( tentang Cambridge ) Kemudian bicara pemetaan ... dia ga bahas satu-satu .. hanya global ... karena banyak ... Contohnya ... SMA peminatan biologi kurikulum 2013 itu 80% tercakup di Biologi level A Cambrige, dsb Overall ya mirip2 lah ... bedanya, kurikulum 2013 lebih luas, Cambridge lebih dalam...