Langsung ke konten utama

Ons VS Ounce

Entah sudah berapa lama gue dihantui dengan kesalahan informasi di produk yang gue buat. Tuduhan-tuduhannya seperti berikut ....

Ons TIDAK SAMA DENGAN ounce
1 kg bukan 100 ons (ounce) ....
produk salah kaprah!

Lalu, apa dong yang selama ini diajarkan pada kita?

Well ... setelah cari-cari info, jadi sebenernya, bukan salah kaprah ... tapi menurut gue .. hal ini lebih ke masalah kurang informasi.

Jadi gini .... dari jaman purba, manusia sudah melakukan pengukuran, untuk segala hal .. termasuk dengan mengukur berat. Dari mana asalnya? ya hanya dengan perjanjian. Namun, jaman dulu tuh ga ada fasilitas email untuk ngasih tau perjanjian-perjanjian yang berlaku di segala daerah, dan setiap negara/daerah memiliki perjanjian yang berbeda-beda.

Perjanjian pengukuran berat di Indonesia, diperkenalkan oleh pedagang-pedangan dari Belanda, dari situlah kita mengenal 1 kg = 10 ons. yang dikenal sebagai ons (+Dutch) Dan karena diperkenalkan oleh pedagang (yang dulu beli rempah dan hasil bumi Indonesia) ... ngga heran kalau pengukuran ini masih digunakan di pasar-pasar tradisional Indonesia.

Semakin kesini, makin banyak negara yang keliling dunia untuk melakukan perdagangan .. termasuk ke Indonesia, sehingga banyak perjanjian-perjanjian yang simpang siur di sini. Seperti ounce (oz) yang merupakan pengukuran dari Inggris (imperial unit) menjadi tertukar dengan ons yang selama ini digunakan.

Pengukuran tidak hanya untuk berat, namun juga panjang, luas, volume, suhu, dst .... sangat merepotkan kalau harus berurusan dengan orang lain yang menggunakan standard pengukuran yang berbeda. Sehingga, akhirnya muncullah standard pengukuran internasional, yang disebut SI (Système international d'unités) yang digunakan seluruh dunia sebagai unit standard dan berdasarkan sistem metrik.Sistem ini lebih sering digunakan oleh ilmuwan, karena sering berurusan dengan negara-negara lain. Namun, bagi pengguna lokal masih sering menggunakan sistem pengukuran lama, sehingga masih ditemukan pengukuran yang rancu.

Jadi, kalau mau bikin report yang berurusan dengan orang lain (bukan hanya untuk diri sendiri) ... sebaiknya gunakan standar internasional yang diakui oleh (hampir) seluruh dunia.

Links:


Komentar

Postingan populer dari blog ini

"masukan" atau "masukkan"

Halah ... hari ini ada kehebohan di tempat saya bekerja. Gara-gara satu kata "masukkan" vs "masukkan" ... Sebelumnya, saya ditegur karena salah menggunakan kata pada kalimat "Mohon masukkannya ..." katanya, saya harus pakai kata "masukan" (tidak dobel k) ... sorenya, text saya ditegur lagi, bahwa ada kalimat saya yang salah ... kali ini, saya diminta menggunakan kalimat "masukkan" dengan double "k" .. JADI?? mana yang benar? Akhirnya, saya lihat di kbbi: me·ma·suk·kan v 1 membawa (menyuruh, membiarkan, dsb) masuk: sopir sudah - mobil ke dl garasi; ia - orang yg belum dikenalnya; 2 mendaftarkan: ia telah - nama temannya sbg peserta darmawisata; 3 menyampaikan: karyawan pabrik itu - surat permohonan cuti kpd atasannya; 4 menempatkan; mencantumkan: ketua panitia setuju - peragaan busana daerah dl acara itu; 5 menaruh uang dl perusahaan dsb; menanam modal: ia berminat - modalnya dl perusahaan itu;  dobel "k" diguna...

operasi pembagian

Tau hasil dari 518 : 7? Umumnya, guru-guru akan mengajarkan seperti ini: Namun, apakah artinya? kenapa harus 49? kenapa harus diletakkan di depan dan membiarkan angka di belakangnya itu kosong? Haruskah seperti itu? Padahal, belum tentu semua bisa hafal perkalian 7. ( saya saja masih kesulitan ). Sebenarnya, prinsip yang diterapkan adalah seperti ini: Perkalian itu adalah penjumlahan yang berulang Cth: 5 x 7 = 7 + 7 + 7 + 7 + 7 Pembagian adalah pengurangan yang berulang. Cth: 21 : 7 = 7 - 7 - 7 Sehingga ... 518 dibagi 7 adalah cari kelipatan 7 yang dapat menghabiskan angka 518 . Jadi .. sebenarnya, kelipatan yang dipakai, boleh berapa saja ... asal kelipatan 7. Lakukanlah, hingga 518 itu habis dikurangi. Seperti di bawah ini: Keterangan: Dari angka 518, saya memilih 490, yang adalah kelipatan 7, (70 x 7) yang saya ingat dan cukup dekat dengan 518. Dari 518 dikurangi 490 masih menyisakan 28. Lalu 28, kelipatan terdekatnya adalah (4 x 7). Sehingga 518 : 7 = 70 + ...

Pemetaan Kurikulum 2013 vs Cambridge

Kamis, 16 Juni 2016, kami ikutan undangan dari kemendikbud untuk membahasa pemetaan kurikulum 2013 VS Kurikulum Cambridge. ( materi power point bisa download di litbang.kemendikbud.go.id di Materi General Lecture ... ini direct linknya . ) Dari pembahasan ini ... latar belakang yang saya tangkap itu .. banyaknya sekolah yang sudah mulai menggunakan kurikulum cambridge. Permasalahannya ... Apakah ketika mempersiapkan siswa ke UN, guru harus mengajarkan kurikulum 2013 juga? .. bakalan kehabisan waktu kan klo gitu ... Materi diawali dengan penjelasan siapa dan apa itu kurikulum cambridge ... kurikulum yang digunakan untuk mempersiapkan siswa ke jenjang yang lebih tinggi di univ di dunia. ( tentang Cambridge ) Kemudian bicara pemetaan ... dia ga bahas satu-satu .. hanya global ... karena banyak ... Contohnya ... SMA peminatan biologi kurikulum 2013 itu 80% tercakup di Biologi level A Cambrige, dsb Overall ya mirip2 lah ... bedanya, kurikulum 2013 lebih luas, Cambridge lebih dalam...