Langsung ke konten utama

Combine Several Spreadsheets into One

Sometimes I have several google sheet file with the same column.
I need to combine all of them to make the summary.
So, this is what I do ...

1. Make sure they have the same column
    All my example have column A to F

2. Copy the sheet's ID, (the random character after =)

3. Put it in a sheet at the master file

4. Call it in a new sheet
    I use: =ImportRange(list!B1,"A1:F") to call all column,
    and will grow whenever my data insert new record.

5. Make a master sheet, and combine all ...
    a. I call all records with no blanks: 
        =FILTER('1st Data'!A2:F,'1st Data'!A2:A<>"")
    b. Combine all filter using {}, and seperate with ;
        ={FILTER('1st Data'!A2:F,'1st Data'!A2:A<>"");
FILTER('2nd Data'!A2:F,'2nd Data'!A2:A<>"")}

6. [optional] Add an auto numbering
    In the first row, I use =ARRAYFORMULA(IF(ISBLANK(B2:B),"",ROW(A2:A)-1))
    to call the number of row filled with data.

See the sample here.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"masukan" atau "masukkan"

Halah ... hari ini ada kehebohan di tempat saya bekerja. Gara-gara satu kata "masukkan" vs "masukkan" ... Sebelumnya, saya ditegur karena salah menggunakan kata pada kalimat "Mohon masukkannya ..." katanya, saya harus pakai kata "masukan" (tidak dobel k) ... sorenya, text saya ditegur lagi, bahwa ada kalimat saya yang salah ... kali ini, saya diminta menggunakan kalimat "masukkan" dengan double "k" .. JADI?? mana yang benar? Akhirnya, saya lihat di kbbi: me·ma·suk·kan v 1 membawa (menyuruh, membiarkan, dsb) masuk: sopir sudah - mobil ke dl garasi; ia - orang yg belum dikenalnya; 2 mendaftarkan: ia telah - nama temannya sbg peserta darmawisata; 3 menyampaikan: karyawan pabrik itu - surat permohonan cuti kpd atasannya; 4 menempatkan; mencantumkan: ketua panitia setuju - peragaan busana daerah dl acara itu; 5 menaruh uang dl perusahaan dsb; menanam modal: ia berminat - modalnya dl perusahaan itu;  dobel "k" diguna...

operasi pembagian

Tau hasil dari 518 : 7? Umumnya, guru-guru akan mengajarkan seperti ini: Namun, apakah artinya? kenapa harus 49? kenapa harus diletakkan di depan dan membiarkan angka di belakangnya itu kosong? Haruskah seperti itu? Padahal, belum tentu semua bisa hafal perkalian 7. ( saya saja masih kesulitan ). Sebenarnya, prinsip yang diterapkan adalah seperti ini: Perkalian itu adalah penjumlahan yang berulang Cth: 5 x 7 = 7 + 7 + 7 + 7 + 7 Pembagian adalah pengurangan yang berulang. Cth: 21 : 7 = 7 - 7 - 7 Sehingga ... 518 dibagi 7 adalah cari kelipatan 7 yang dapat menghabiskan angka 518 . Jadi .. sebenarnya, kelipatan yang dipakai, boleh berapa saja ... asal kelipatan 7. Lakukanlah, hingga 518 itu habis dikurangi. Seperti di bawah ini: Keterangan: Dari angka 518, saya memilih 490, yang adalah kelipatan 7, (70 x 7) yang saya ingat dan cukup dekat dengan 518. Dari 518 dikurangi 490 masih menyisakan 28. Lalu 28, kelipatan terdekatnya adalah (4 x 7). Sehingga 518 : 7 = 70 + ...

Pemetaan Kurikulum 2013 vs Cambridge

Kamis, 16 Juni 2016, kami ikutan undangan dari kemendikbud untuk membahasa pemetaan kurikulum 2013 VS Kurikulum Cambridge. ( materi power point bisa download di litbang.kemendikbud.go.id di Materi General Lecture ... ini direct linknya . ) Dari pembahasan ini ... latar belakang yang saya tangkap itu .. banyaknya sekolah yang sudah mulai menggunakan kurikulum cambridge. Permasalahannya ... Apakah ketika mempersiapkan siswa ke UN, guru harus mengajarkan kurikulum 2013 juga? .. bakalan kehabisan waktu kan klo gitu ... Materi diawali dengan penjelasan siapa dan apa itu kurikulum cambridge ... kurikulum yang digunakan untuk mempersiapkan siswa ke jenjang yang lebih tinggi di univ di dunia. ( tentang Cambridge ) Kemudian bicara pemetaan ... dia ga bahas satu-satu .. hanya global ... karena banyak ... Contohnya ... SMA peminatan biologi kurikulum 2013 itu 80% tercakup di Biologi level A Cambrige, dsb Overall ya mirip2 lah ... bedanya, kurikulum 2013 lebih luas, Cambridge lebih dalam...